Menjelajahi 4 Gunung Memukau di Yogyakarta


 Berbicara tentang objek wisata di Yogyakarta, yang pertama muncul di benak kita adalah Kraton Yogyakarta, Jalan Malioboro, Tugu Yogyakarta, dan Borobudur. Kalau wisata alamnya sudah pasti pantai   Parangtritis, yang akan disebut pertama dari sekian banyak pantai-pantai yang menawan lainnya. Dan jiga pergunungan tentu saja Gunung Merapi yang monumental itu. Sebenar di Yogyakarta  ada banyak gunung yang menarik dan eksotis selain gunung Merapi tersebut. Namun kawan -kawan yang berkunjung ke Yogya jarang menyebutkan. Nah dalam artikel ini pembaca saya ajak menjelajahi 4 Gunung yan eksotis di Yogyakarta

1.      Gunung Ireng



Gunung Ireng adalah gunung berapi yang terletak di Yogyakarta. Dengan ketinggian sekitar 1.476 meter di atas permukaan laut, gunung ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang eksotik di Yogyakarta.

Gunung Ireng diminati karena pemandangannya yang mengagumkan. Perjalanan menuju puncaknya menawarkan pengalaman mendaki yang menantang namun sangat menyenangkan. Selama pendakian, kita akan melalui hutan lebat yang dipenuhi dengan flora dan fauna yang beragam. Burung-burung yang beraneka warna akan melintas melewati kita.

Bila telah mencapai puncak Gunung Ireng, kita akan disuguhi pemandangan yang mempesona. Kita dapat melihat panorama indah Yogyakarta dan sekitarnya, termasuk Gunung Merapi yang ikonik. Aplagi saat matahari terbit atau terbenam, pemandangan ini menjadi sangat memukau dan menjadi momen yang tidak terlupakan.

Dengan keindahan alamnya dan udaranya yang segar, Gunung Ireng adalah tujuan wisata yang sangat menarik di Yogyakarta bagi pecinta alam dan pengunjung yang mencari pengalaman petualangan yang tak terlupakan.

 2.      Gunung Nglangeran



Ini juga gunung yang asyik untuk dijelajahi. Namanya  sedikit asing  bagi telinga kita. Gunung Api Purba Nglanggeran ini berlokas   di desa. Nglanggeran, Kec. Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Jika kita berangkat dari pusat kota Jogja kita memerlukan waktu tempuh sekitar 1 sampai 1,5 jam perjalanan. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 700 mdpl, tidak tinggi memang; memiliki pemandangan  yang tidak kalah indah. Sejauh mata memandang, kita  disuguhi perpaduan elok antara alam hijau dan rumah-rumah di wilayah Gunungkidul hingga Yogyakarta. Meski hanya memilki ketinggian sekitar 700 mdpl, namun medan yang ditempuh cukup menguras energi. Gunung ini salah satu gunung yang direkomendasikan untuk menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam di Yogyakarta .

3.      Gunung Lanang



Gunung Lanang atau yang juga populer dengan nama Astana Jingga, merupakan sebuah bukit kecil di barat Pantai Glagah, Kulon Progo. Dalam Bahasa Jawa,Lanang adalah lelaki.  Gunung Lanang  berarti gunung laki-laki. Mendapat julukan  demikian karena konon pada masa pemerintahan Mataram Kuno tempat ini dijadikan tempat bertapa seorang laki-laki bangsawan. Pada puncak seluas 500 meter persegi ini terdapat sebuah telaga dan  beberapa dataran. Pusat Gunung Lanang sendiri berada di dataran Indra, yakni sebuah pelataran utama di mana prasasti Gunung Lanang berupa tugu kecil berbentuk kuncup bunga dengan tulisan jawa berada. Gunung Lanang banyak yang percaya dapat memberikan berkat bagi siapa saja yang melakukan ritual di sana. Setiap tanggal 1 Suro, tradisi Ruwatan Agung Tumapaking Laku Suci rutin diadakan dan mampu menarik banyak pelancong untuk datang.

4.      Puncak Suroloyo



Puncak Suroloyo berlokasi di desa. Gerbosari, Kec. Samigaluh, Kab. Kulonprogo, Yogyakarta. Kalau kita bertolak dari pusat kota Jogja kita akan membutuhkan  waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Puncak Suroloyo  merupakan puncak tertinggi di perbukitan Menoreh yaitu sekitar 1.019 meter dari permukaan laut, Puncak Suroloyo disebut sebagai salah satu objek yang direkomendasikan dan ciamik untuk menikmati pesona matahari terbit. Walaupun daerah yang dilalui sangat menguras tenaga, namun terbayar dengan pemandangan yang aduhai yang bisa kita dapatkan ketika sampai puncak. Waktu terbaik berada di sini adalah saat pagi hari saat matahari terbit.

 


Nah itulah 4 Gunung yang eksotis dan menawan di daerah Yogyakarta. Sebenarnya Yogyakarta banyak lagi gunung-gunung yang indah seperti gunung Merbabu, gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan lain-lainya. Melihat matahari terbit di puncak-puncak gunung, mendengarkan bisikan angin di hutan-hutan lebat, dan menyaksikan keindahan alam Yogyakarta dari ketinggian, semuanya adalah kenangan tak terlupakan yang dan nostalgia yang indah di kemudian hari. Semoga artikel ini menjadi info yang bermanfaat bagi pembaca yang menyenangi petualangan di alam bebas

Catatan :Gambar diambil dari google

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat