Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat


Ikon ke-dua pariwisata Kota Lubuk Sikaping Pasaman adalah Taman Kota Tugu Perjuanagan Pintu Rimbo. Taman yng terletak di selatan kotaitu sebenarnya adalah sebuah bukit yang sulap menjadi Taman. Letaknya strategis persis di pintu masuk pusat kota membuat taman itu selalu ramai dikunjungi wisatawan local dan luar daerah.


Sebenarnya untuk sampai ke taman itutidak terlalu sulit. Ikuti saja jalan Sudirman yang di depan kantor Bupati, tidak belok-belok nanti akan sampai ke sana. Ketika saya bertanya kepada tukang ojek yang mangkal di seberang kantor  bupati itu berapa ongkos ke sana, mereka bilang terserah saya saja.
Maka dengan menggunakan jasa tukang ojek roda dua, berangkatlah saya sore itu menyusuri jalan sudirman yang merupakan jalan utama dan satu-satunya jalan yang agak ramai di kota Lubuk Sikaping.

Jalan utama itu terdiri dari dua jalur. Dan jalan dua jalur itu tidak begitu panjang. Hanya beberapa kilometer saja. Habis jalan dua jalur itu jalan mulai menanjak dan ada sedikit bengkolan. Tak berapa lama sampailah saya di taman itu.
Seperti di jelaskan sebelumnya, taman itu adalah sebuah bukit yang tidak terlalu tidak terlalu tinggi.  Tidak jauh dari anak tangga untuk naik ke atas ada beberapa kedai yang biasa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk minum-minum kopi dan memesan minuman. Persis di dekat anak tangga ada papan  nama taman.

Untuk mencapai balerong utma kita harus menaiki tangga. Di sebelah balerong utama bagian utara terdapat tugu perjuangan. Sebelum tugu itu ada diaorama perjuangan bersenjata penduduk local dalam mengusir Belanda. 

Dari pelataran tugu perjuangan itu kita dapat melihat pemandangan kota Lubuk Sikaping. Namun tempat yang paling indah untuk menikmati pemandangan adalah jembatan penyebrangan yang juga berfungsi sebagai anjungan untuk berselfie ria. Dari sana jalan asapal yang menuju kota Lubuk Sikaping terlihat indah. Agak ke barat terlihat lapangan basket. Setelah lapangan Basket tman makam pahlawan.

Sore itu Nampak pengunjung taman cukup ramai. Dan menurut tukang ojek yang menemani saya hampir setiap sore taman itu ramai oleh pengunjung. Remaja-remaja dan pelajar banyak datang ke sana untuk memanfaatkan Wifi yang di sediakan secara gratis. Dan memang  dibawah paying gazebo yang ada di sana banyak anak-anak muda sedang  berselancar di internet


Taman yang indah untuk menikmati pemandangan dan berselfie ria. Nah jika berkunjung ke Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat jangan lupa Taman Kota Tugu Perjuangan Pintu Rimbo. Saya tidak tahu kenapa di sebut pintu Rimbo. Kalau menurut saya cocoknya pintu kota. Selamat bertamasya ke Lubuk Sikaping.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten