Eksplorasi Wisata Alam Tanjung Balai Karimun: Keindahan Kepulauan Riau yang Memikat

Kepulauan Riau, salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan keindahan alam dan keanekaragaman budaya, menawarkan destinasi wisata alam yang menakjubkan. Salah satu tujuan yang layak untuk dikunjungi adalah Tanjung Balai Karimun, sebuah kota kecil yang terletak di pulau Karimun. Dengan pesona pantainya yang menawan, kehidupan bawah laut yang kaya, dan budaya yang unik, Tanjung Balai Karimun menawarkan pengalaman wisata alam yang tak terlupakan.


Dikutip dari wisataunik.com Kota Tanjung Balai Karimun adalah ibukota Kabupaten Karimun. Letaknya sangat strategis bagi para wisatawan mancanegara, karena berada di jalur pelayaran internasional di sebelah barat Singapura. Luas wilayah Kabupaten Karimun adalah 7.984 km2 dan terdiri dari ratusan pulau-pulau. Berikut ini 7 objek wisata indah dan eksotik  yang layak kita kunjungi ketika berkunjung ke Tanjung Balai Karimun

1.            Coastal Area Tanjung Balai




Salah satu destinasi favorit wisatawan ketika berkunjung ke Kabupaten Karimun,  adalah Coastal Area. Bisa dibilang kawasan ini merupakan pusat Kabupaten Karimun tidak hanya untuk wisatawan, tetapi juga masyarakat Karimun. Coastal Area terdapat di Tanjung Rambut, Kecamatan Karimun, Sangat mudah dijankau karena tepat berada di sebelah kanan Pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Kalau dengan kenderaan  becak yang banyak berlalu lalang  bisa ditempuh sekitar 10 menit.

Coastal Area merupakan destinasi di tepi laut yang menawarkan pemandangan bangunan-bangunan khas seperti bangunan Belanda. Bangunan ini berbentuk menara menjulang ke langit yang terdiri dari empat menara yang terpisah membentuk segi empat. Di tengahnya terdapat lapangan. Lapangan ini menjadi lokasi berbagai kegiatan di Karimun, mulai dari upacara Hari Kemerdekaan, upacara hari-hari besar hingga kegiatan pentas seni budaya dan lainnya.  

Jalan di kawasan ini cukup lebar. Kondisi itu membuat banyak warga Karimun menjadikannya tempat jogging maupun sekadar jalan-jalan sore hari. Di kawasan ini pengunjung juga bisa menemukan bus kayu khas Karimun.


2.    Pantai Pelawan




. Salah satu pantai yang paling populer adalah Pantai Pelawan. Dengan pasir putih yang halus dan air laut yang jernih, pantai ini adalah tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah. Selain Pantai Pelawan, ada juga Pantai Tanjung Bajau yang menawarkan keindahan alam yang spektakuler. Pantai ini dikelilingi oleh hutan bakau yang mempesona dan merupakan tempat yang sempurna untuk berjalan-jalan sambil menikmati keindahan alam sekitar.


3.    Pantai Telunas




Pantai Telunas sangat cocok untuk menjadi agenda liburan Anda. Tempat ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin berlibur bersama pasangan untuk berbulan madu.

Alasannya, pantai ini menawarkan pengalaman tak terlupakan seperti sedang berada di pulau impian. Laut biru yang jernih seperti kaca, angin sepoi-sepoi, langit yang biru, dan hamparan pasir putih berada di wisata ini. Ditambah tersedia penginapan di atas laut seperti sedang berada di Maldives.

Pantai ini berada di Desa Mentangun, Kecamatan Moro, Pulau Sugi. Wisata di Pantai ini masih jarang diketahui oleh wisatawan lokal namun menjadi tempat favorit wisatawan asing. Karena belum banyak orang yang berlibur ke wisata ini, seolah-olah Anda merasakan berlibur di pulau pribadi. Selain menenangkan, juga sangat nyaman bagi Anda untuk menikmati pesonanya setiap saat. Selama berada disini, jangan harap Anda bisa melakukan pekerjaan Anda karena tidak ada sinyal telepon yang bisa Anda gunakan

4.    Pantai Ketam




Pantai Ketam masih bersebelahan dengan Pantai Pongkar dan terletak di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun. Wisata ini mulai diminati masyarakat lokal sebagai tempat wisata.

Dilihat dari namanya, kita menyangka akan menemukan banyak hewan ketam di pantai ini. Nyatanya tidak, karena pengambilan nama tempat ini karena dahulunya pernah dijadikan tempat penangkaran ketam oleh salah seorang penduduk lokal setempat.

Memang wisata di daerah ini belum sepopuler pantai lain yang menjadi favorit bule untuk berlibur. Alasannya, pantai ini belum dikelola dengan baik untuk tujuan wisata. Belum ada penginapan atau resort yang bisa digunakan. Wisatawan lokal seringkali berkunjung untuk sekedar melepas penat dan bersantai disini. Melihat pemandangan laut dan merasakan semilir angin sangat cocok untuk kumpul keluarga.

5.    Gunung Jantan




Gunung Jantan merupakan spot tertinggi di kabupaten Karimun. Menjadi tempat paling favorit bagi pendaki. Pemandangan di atas Gunung ini sangat indah karena bisa melihat dengan jelas berbagai wilayah dan beberapa lokasi wisata di daerah tersebut. Selain bisa menikmati kesejukan alamnya yang alami, Gunung Jantan terletak di Desa Pongkar sama seperti wisata Pantai Pongkar dan Air Terjun Pongkar. Ketiga tempat ini wajib dikunjungi bagi pelancong yang sedang berkunjung ke daerah ini.

6.    Pantai Pongkar



 

Pantai Pongkar tidak berbeda jauh dibandingkan Pantai Pelawan soal keindahan alamnya. Bedanya, di pantai ini Anda bisa bermain wahana Banana Boat yang disediakan disana.

Selain itu, Anda masih tetap bisa berenang di pantai atau bermain di pasir putihnya yang bersih. Apabila Anda hanya ingin bersantai di bawah pohon pinus yang berjejer di sepanjang pantai sembari melihat laut biru pun bisa Anda lakukan. Pantai ini terletak di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara menghabiskan liburan di tempat ini. Saat liburan tiba, berbagai wahana atau permainan air menjadi favorit bermain di Pantai ini.

7.    Air Terjun Pongkar




Tidak jauh dari Pantai Pongkar, terdapat wisata alternatif lain yaitu air terjun Pongkar. Letaknya berada di kaki Gunung Jantan, sekitar 3 kilometer dari Pantai Pongkar. Akses menuju wisata ini tidak terlalu sulit, Anda harus tracking beberapa menit untuk sampai di lokasi ini. Walaupun belum sepenuhnya dikelola dengan baik untuk lokasi wisata, namun tempatnya cukup menarik untuk dikunjungi.

Air terjun ini berasal dari air gunung alami sehingga sangat menyejukkan. Ditambah dengan lingkungan sekitar yang berjejer pohon-pohon menjulang tinggi semakin menambah kesejukan udara di lokasi ini. Ada kolam berukuran kecil yang bisa Anda jadikan tempat relaksasi kaki atau tubuh Anda setelah melakukan perjalanan.



Nah itulah 7 objek wisata yang indah, eksotik dan menawan di Kabupaten Karimun. Kalau kita berkunjung ke Kabupaten ini, sangatlah rugi kalau kita tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi objek-objek wisata diatas, karena belum tentu ada kesempatan lain kita akan berkunjung ke daerah kepulauan yang indah ini 


Catatan :

1. Sumber https://tempatwisataunik.com/wisata-indonesia/kepulauan-riau/wisata-tanjung-balai-karimun

2. Gambar diambil dari google

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat