Banyuwangi – Malang (Tiga)

 


Yang pertama saya cari ketika saya turun di terminal bus Jember ini adalah masjid. Karena hari sudah menunjukkan pukul 4 sore, sedangkan saya belum sholat zuhur dan waktu ashar sudah masuk pula. Lokasi masjid pada suatu sudut di terminal itu. Jadi sholat ddan asyar akan saya jamak.



Keluar dari masjid yang cari adalah lokasi tempat memfoto di mana ada tertulis kata-kata Jember. Ini perlu sebagai kenang –kenangan pernah mampir di kota jawa timur ini. Namun tidak ada yang Nampak. Seseorang mengatakan ada diluar terminal sana dan saya harus jalan kaki pula.



Udahlah kalau begitu tidak usah saja. Di terminal ini saya ketemu yang lain dari biasa. Ketika  saya cari informasi bus ke kota Malang seorang calo yang pakai baju gamis dan sarung membantu saya. Lelaki muda ini yang bernampilan santri sebelah kakinya dipotong di bawah lutut. Kemudia ada seorang lagi yang kedua tangannya bunting. Keduanya saya traktir minuman botol. Keduanya memilih sprite.



Kalau yang kakinya bunting tidak masalah minum dari botol sprite. Yang kedua tangannya bunting. Dia dibantu oleh kawannya yang kakinya bunting. Membuka tutup botol dan membantunya mendekatkan mulut botol ke mulut. Menuurut cerita mereka, sudah menjadi kebiasaan sehari-hari mereka salaing membantu.

Calo di Terminal kota Jember ini berbeda dengan calo-calo terminal kota lain. Kalau diterminal lain mereka dapat uang dari perusahaan bus yang mereka carikan penumpang. Kadang-kadang hanya mengikuti calon penumpang dari belakang ketika membeli tiket di loket. Saja mereka dapat uang. Tapi disini tidak nampaknya. Kedua calo yang cacat ini katanya punya keluarga. Jadi dimana mereka dapat uang? Saya bertanya. Itu tergantung dari sukarela supir-supir yang  mereka bantu.



Hampir pukul lima bus yang membawa saya ke Malang baru berangkat. Kali ini bus agak baikan. Penumpang tidak banyak. Namun baru saja keluar terminal beberapa penumpang naik. Rupanya banyak yang menunggu di luar terminal. Sudah mendekati pukul 11 malam ketika bus mulai memasuki kota Malang. Akhirnya saya sampai juga dikota ini.

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat