Bermain-main di Kota Para Gangsters


 Mendengar Gangster town atau kota pera gangster yang pertama muncul dikepala adalah kota Texas zaman dulu di Amerika sana. Perampokan bank, kejahatan jalanan dan kejahatan terorganisir Texas lah kotanya. Demikan juga perjudian, minuman keras, morfin adalah kehidupan disana.

 

Film-film menggambarkan dengan jelas dan mengasikkan. Tokoh perampok yang legendaries seperti Bonnie dan Clyde membuat repot para penegak hukum ketika itu. Gelombang kejahatan  mencapai tingkat yang sedemikian tinggi sehingga pada tahun 1927 Asosiasi Bankir Texas menawarkan hadiah sebesar $ 5.000 untuk perampok bank yang meninggal; tidak ada hadiah yang diberikan untuk satu ditangkap hidup-hidup.

Itu Texas zaman dahulu sdekarang tentu sudah berbeda dimana penjahat sudah tidak bisa leluasa lagi berbuat sekehendak hatinya. Namun texas sebagai kota para gangsters memjadi ikon yang menarik sehingga kita menjadi kepingin untuk bermain-main kesana untuk merasakan berada di kota para gangster.

Texas jauh sekali di benua Amerika sana. Untuk kesana perlu dana yang tidak sedikit yang pasti tidak terjangkau oleh backapacker seperti saya. Tapi jangan khawatir kita tidak perlu jauh pergi ke negeri paman Sam. Datang saja ke Malang Jawa timur. Kamu bisa merasakan suasana berada di kota gangster itu.

 
Tapi jangan salah duga, bukan Malang kota para gangster. Di Malang, tepatnya di kota Batu ada Museum angkut.  Isinya adalah kumpulan mobil-mobil antic. Tapi tidak hanya itu. Beberapa bagian dibuat seolah kota- kota berbagai Negara di Eropa.  Salah satunya kota yang dibuat mirip suasana koboy dan para gangster tempo dulu di Barat sana. Gangster Town terletak di dalam museum Angkut.


Yang namanya kota para gangster, para gangster tentu identik dengan Bar tampat minum-minum. Para gangster tentu minumya minuman keras bukan air mineral, setidak tidak nya bir. Nah disini juga ada texas bar tempat mereka kumpul-kumpul dan merencana kejahatan.
Mungkin saja mereka merencanakan merampok. Bank apa yang dirampok tentu saja bank milik pemerintah Amerika. Pada gambar kamu dapat melihat Bank of Amerika dengan sebuah mobil sedan kuno di depannya. Sayang para perampoknya tidak ada sehingga kita tidak bisa berkenalan dengan mereka. 


Demikianlah suasana yang diciptan oleh museum angkut yang  diresmikan pertama kali pada 9 Maret 2014. Museum Angkut menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi saat ini. Museum Angkut memiliki julukan keren Movie Star Studio. Jadi kalau kamu memasuki museum ini kamu akan merasa berada di lingkungan pembuatan film di Hollywood. Museum ini juga merupakan museum transportasi pertama  di  Asia. Hebat kan Indonesia my lovely country.


Sebagai museum yang memiliki sebutan museum transportasi, maka museum ini memiliki berbagai sarana untuk mengedukasi masyarakat soal transportasi. Tidak heran jika sangat banyak mobil-mobil antik bertebaran di dalamnya. Pokoknya bagi kamu yang suka banget selfie, tempat ini tiada duanya. So, kamu kalau ke Jawa Timur rugi sekali tidak mampir kemari.

Catatan: Naskah dilengkapi dari https://akato.co.id/read/kota-gangster-di-malang/111

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat