4 langkah dalam Merapikan Foto Traveling


Yang namanya hobby traveling berkaitan erat dengan fotografi.  Karena memang hasil dari suatu traveling maupun liburan adalah serangkaian foto-foto menawan yang akan menjadi kenangan dan kebanggaan untuk diposting di media social seperti facebook dan media social lainnya. Namun karena traveling itu sudah menjadi passion maka foto-foto yang dikumpulkan menjadi banyak dan menjadi masalah juga untuk menyimpannya.

Saya pernah mengalami, foto-foto perjalanan saya ke desa-desa yang sulit di jangkau di daerah Indrafiri Hilir menghilang. Karena sudah banyak koleksi foto di laptop saya khawatir memory jadi penuh maka saya pindahkan ke flash disk. Entah bagaimana flash disk itu hilang maka hilang pula foto-foto alam pedesaan yang untuk sampai ke sana saja memerlukan perjuangan yang menguras energy.

Maka oleh karena itu perlu dicari ssolusi bagaimana menyelamatkan  dan juga merapikan foto-foto hasil jepretan kita waktu traveling. Untuk itu metode yang diterapkan oleh Pengolah foto pribadi, Lisa Griffis, yang juga anggota Association of Personal Photo Organizers  yang dilansir oleh Detik.com perlu juga kita simak

1. Siapkan cadangan

 Sebelum melihat-lihat dan mengolah di komputer, simpan semua file ke hard drive (HD) eksternal. Itu untuk menghindari terhapus secara tidak sengaja.

Ukuran hard drive yang Anda butuhkan tergantung pada seberapa banyak data yang dibutuhkan untuk membuat cadangan. Pertimbangkan penyimpanan di HD internal komputer serta cloud. Cadangkan pula file foto di ponsel cerdas bila diperlukan.
Setelah memliki HD yang besarnya sudah sesuai kebutuhan, Anda dapat mengotomatiskan cadangan menggunakan sistem operasi komputer. Gunakan layanan pihak ketiga atau perangkat lunak lainnya.

2. Mulai menyortir foto ke dalam satu folder

 

Mulailah memilah foto yang ada di smartphone hingga cloud dan menempatkannya di tanki penampungan. Lalu buat folder untuk menampung foto sampah dari semua perangkat.
Gunakan aplikasi bawaan smartphone untuk mengidentifikasi pengelompokan seperti bulan, acara, atau koleksi. Setelah dikelompokkan di folder, tinjau gambar dengan cepat dan singkirkan yang tak termasuk dalam momennya dan beri nama folder itu.

3. Ganti nama foto

 

Sama seperti sebelumnya, amat penting untuk menambahkan informasi terperinci di masing-masing foto. Bagaimanapun, kisah di balik gambar sama pentingnya dengan gambar itu sendiri.
Misal, namailah foto-foto traveling dengan nama tempat dan jenis kegiatannya. Jika rumit mengganti nama foto satu per satu, unduhlah Adobe Bridge, aplikasi gratis untuk membantu mengelola dan mengatur foto atu file lainnya, mengganti beberapa file dalam satu nama juga memproses kegiatan lainnya.
Jika Anda melakukan penamaan file secara manual, pastikan untuk menyimpan salinan gambar terbaik Anda di folder terpisah berlabel 'Favorit'.

4. Terapkan strategi pengarsipan 3-2-1

 

Setelah memiliki file yang berurutan, lalu buatlah jadwal pencadangan yang sering menggunakan metode 3-2-1.
3 adalah singkatan dari tiga salinan file yang disimpan di tiga tempat berbeda. 2 berarti dua salinan data harus berada di dua tempat terpisah, seperti komputer dan hard drive, atau pada dua hard drive jika file terlalu besar untuk komputer.

1 menunjukkan satu set data harus ada di lokasi yang terpisah jika terjadi bencana alam, seperti kebakaran, banjir atau pencurian yang tidak terduga.
Griffis menggunakan layanan pencadangan berbasis cloud, yakni Backblaze untuk mencadangkan file di komputernya dan hard drive yang terpasang sekali sehari. Dalam hal pengarsipan foto, Dropbox, Google Foto, Foto Prime Amazon, Apple iCloud dan Flickr bisa Anda gunakan.

Begitulah 4 langkah dalam merapikan dan menyelamatkan koleksi foto-hasil traveling. Semoga setelah ini kita tidak lagi kehilangan hasil jepretan kita yang kita ambil di objek-objek wisata yang jauh yang untuk sampai ke sana menguras energy dan biaya yang cukup mahal



 Sumber tulisan :https://travel.detik.com/travel-tips/d-5015861/tips-merapikan-foto-traveling-dalam-4-langkah



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat