Pantai Camplong Sampang Madura Punya Akses ke 4 Benua



Madura sebuah pulau di seberang Surabaya memiliki beragam macam objek wisata. Karena  sebuah pulau di tengah laut tentu saja yang banyak adalah pantai. Untuk kunjungan sehari paling-paling saya hanya bisa mengunjungi satu objek saja. Karena saya tidak begitu mengenal pulau garam ini maka pilihannya saya serahkan saja kepada Mas Banu yang memandu saya.


 Rupanya Mas Banu menjatuhkan pilihan pantai Camplong.  Saya percaya saja. Karena Mas Banu memilih pantai ini dari sekian banyak pilihan tentu karena pantai ini adalah yang terindah dari pantai-pantai lainnya di Pulau Madura.

Untuk sampai ke pantai Camplong ini perjalanannya cukup jauh dari jembatan Suramadu. Namun selama perjalanan kita melewati pemandangan yang indah yaitu bentangan persawahan yang menghijau sejauh-jauh mata memandang. Berarti pulau Madura ini cukup subur seperti  halnya daerah-daerah lain di pulau Jawa dan Sumatra. Tidak benar pelajaran di SD saya dulu yang mengatakan Pulau Madura daerahnya tandus dan berbatu-batu.

Pantai Camplong berlokasi di pesisir selatan Madura. Pantai yang merupakan objek wisata andalan Madura ini berbeda jauh dengan pantai Padang di Sumatra Barat ataupun Pantai Laut Selatan di Yogyakarta yang air lautnya bergemuruh disertai ombaknya yang bergulung-gulung. Pantai Camplong ini lautnya tenang setenang kolam renang. Pantainya landai dengan hamparan pasir putih kecoklatan terhampar luas. Sedangkan air lautnya yang tenang bewarna kebiru-biruan. Udaranya pun nyaman tidak terlalu panas membuat kita betah berlama-lama.

Beberapa pondok-pondok kecil berupa joglo ada pula disediakan tempat pengunjung untuk duduk-duduk sambil menilmati sejuknya angin  laut yang berhembus sepoi-sepoi. Beberapa kapal  nampak berlayar di tengah lautan menambah keindahan pemandangan. Fasilitas lain adalah mesjid, kamar mandi dengan tempat khusus bilas, taman bermain  yang cukup luas,gardu pandang, pasar wisata, restoran, warung-warung tempat menjal berbagai makanan dan tempat parkir yang sangat luas.

Yang sedikit unik adalah rambu  penunjuk arak  berlayar ke luar negeri ke Australia, Jepang, Perancis dan USA. Apa benar dari sana kita bisa berlayar ke Negara-negara di empat benua yang berbeda itu. Demikian juga rambu-rambu penunjuk arak daerah di dalam negeri Papua, Bandung, Bali dan Aceh.
Dari aktifitas  masyarakat yang ada disana, nampaknya pantai Cemplong tidak hanya untuk tempat tamasya tapi juga dimanfaatkan untuk berbagai aktifitas. Ketika kami di sana sekelompok anak pramuka dengan didampingi gurunya sedang latihan. Di bagian lain beberapa remaja sedang latihan tinju. Dan ada pula yang latihan silat.
Sungguh sangat menyenangkan punya kesempatan ke pantai yang berada di kecamatan Camplong dan berjarak sekitar 9 km dari pusat kota Sampang ini. Bagi kawan-kawan pecinta traveling kalau lagi berada di Madura akan rugi sekali jika tidak menyempatkan diri untuk berkunjung kemari. Lokasinya sangat cocok untuk menenangkan diri dan mencari kesegaran setelah berhari-hari melakukan katifitas pekerjaan yang melelahkan. Pulau Madura jangan lupa  Pantai Camplong.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat