Jumpa Kera yang Nakal di Pantai Bama Taman Nasional Baluran Banyuwangi


Pada postingan yang lalu telah dipaparkan tentang padang rumput yang luas bagaikan padang prairie dalam cerita-cerita Wild West Amerika zaman dulu. Bentangan padang rumput itu adalah salah satu bagaian Taman Nasional Baluran di Banyuwangi. Bagian lain yang tidak kalah menariknya adalah Pantai Bama. Pantai dengan pasir putih dengan berbagai keunikannya

Panjang lintasan yang harus kita lalui bila kita ingin mengeksploitasi taman nasional ini adalah jalan aspal yang mulus sepanjang 12 km. Ujung dari jalan sepanjang 12 km itu adalah Pantai Bama. Taman Nasional itu sendiri terletak pada jalan lintas Banyuwangi – Situbondo km 35.

Saya ke Pantai Bima ini diantar oleh seorang pemandu menggunakan sepeda motor. Karena waktu itu sudah tengah hari, maka sebelum melihat-lihat keindahan pantai saya mengjak pemandu untuk singgah di kantin yang ada di sana terlebih dahulu. Kenderaan Roda dua yang membawa kami diparkit sekitar 3 meter dari kantin. Nah disinilah pertama kali saya lihat kera ekor anjang dengan percaya dirinya  mengambil minuman botol sprit yang tergantung di motor dan meminumnya seperti minuman itu milik dia sendiri. Nampak sang kera sudah terbiasa minuman dari botol karena engteng saja dia membuka tutup botol seperti manusia saja layaknya. Bukan itu saja setelah itu nantinya saya melihat mereka secara beramai-ramai merampas makanan yang di bwa pengunjung dengan tidak ada takutnya.

Penjaga kantin seorang lelaki yang sudah tua mengatakan memang itulah keunikan pantai Bama ini yaitu kenakalan  kera abu-abu ekor panjang  disamping pantai dengan airnya yang jernih dan hamparan pasirnya yang putih; juga menjadi habitat bagi sekawanan hewan liar dan berbagai burung langka.

Keindahan pemandangan dari pantai Bama ini sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai fotografi. Disamping memvidiokan tingkah laku kera-kera yang nakal, pasir pantai yang putih dengan air lautnya yang jernih adalah merupakan objek foto yang indah. Terlebih lagi beberapa kapal kecil yang merapat di beberapa tempat menambah keindahan pulau. Beberapa spot untuk foto juga disediakan dengan latar pemandangan laut yang eksotik

 Pantai Bama menjadi spesifik karena   dikelilingi oleh tumbuhan mangrove. Berjalan ke barat menyusuri jalan setapak, kita  bisa menyaksikan eksotika tumbuhan mangrove dari dekat . Saya baru kali ini melihat tumbuhan mangrove dengan akar-akarnya berbelit ke sana ke mari bagaikan ratusan ular kobra yang  siap memangsa. Tidak jauh dari situ dengan menyusuri jembatan pandang yang teduh kerap menjadi lokasi bagi para pengunjung pantai yang ingin melakukan aktivitas memancing.

Hal lain yang membuat pantai ini menarik  adalah beberapa fasilitas penunjang wisata, seperti kamar bilas, tempat makan dan istirahat, musallah hi\ngga penginapan dengan pemandangan pantai di depannya. Meskipun jauh dari kota Pantai Bama ini cocok bagi mereka yang suka tempat-tempat sepi jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat