Backpackering ke Kepulauan Anambas Kepulauan Riau



Tidak ada yang paling membahagiakan saya ketika mendapat telpon dari seseorang teman menanyakan kesedian saya untuk berangkat ke Tarempa Kepulauan Anambas. Tanpa pikir panjang saya lalu mengiyakan. Sebelumnya saya sudah dua kali kesana. Itu ketika LPMP Kepulauan Riau masih di Bawah LPMP Riau, sudah cukup lama. Tentu sekarang sudah jauh berbeda.

Untuk samapai ke Tarempa ibukota kabupaten kepulauan Anambas itu kita harus melewati kota Tanjung Pinang atau dari kota Batam. Dari sana nanti naik pesawat lagi ke Matak, yang sebenarnya pangkalan perusahaan eksplorasi  minyak  lepas Pantai. Dari Matak naik speed lagi ke kota Tarempa.
Pada hari yang ditentukan pukul 04 subuh saya sudah bersiap-siap untuk berangkat ke Bandara, karena jadwal keberangkatan pesawat pukul 06 Wib pagi, sedangkan check innya satu jam sebelum keberangkatan.

Di bandara saya shalat subuh dahulu, kemudian beberapa saat duduk di ruang tunggu penumpang dipersilahkan naik pesawat dan berangkat. Udara cukup cerah. Jarak tempuh dari Pekanbaru ke Tanjung Pinang sekitar satu jam. Udara yang cerah membuat pemandangan dibawah kelitan dengan jelas.

Mendekati Tanjung Pinang saya melihat jembatan panjang melintasi laut menghubungkan dua pulau. Saya bertanya-tanya dalam hati apakah itu Jembatan Barelang Batam. Apakah Nampak dari udara Tanjung Pinang jembatan Barelang yang merupakan ikon wisata kota Batam itu. Mungkin saja jembatan ini adalah jembatan di Tanjung Pinang sendiri. Yang mungkin ketika terakhir ke Tanjung Pinang jembatan  ini belum ada.

Segera setelah mendarat dan di Bandara Tanjung Pinang,  seorang kawan dengan istrinya sudah menunggu. Segera kami keluar dari arena bandara dan pergi sarapan. Didalam mobil saya menanyakan keberadaan jembatan yang saya lihat dari udara itu. Istri teman yang menyupiri mobil mengatakan bahwa itu Jembatan Dompak, jembatan yang menghubungkan kota Tanjung Pinang dengan pusat pemerintahan propinsi di Pulau Dompak. Kata teman itu nanti selesai sarapai saya akan dibawa melihat-lihat jembatan tersebut.

Bersambung ke Jembatan Dompak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat