Tip Nyaman Perjalanan Panjang dengan Bus


Bermacam-macam tujuan seseorang mengadakan perjalanan, ada yang keperluan bisnis, ada karena bertugas dari instansi atau perusahaanya ;dan ada juga hanya sekedar plesiran. Nah kalau sekedar plesiran perjalanan tidak perlu buru-buru karena tidak dikejar waktu. Oleh karena itu perjalanan dengan bus adalah yang sangat tepat

Meskipun perjalanan lebih lama daripada naik pesawat, perjalanan dengan  bus terasa lebih nikmat karena perjalanan  dengan bus  punya keunggulan yang bikin traveler  menjadi betah. Saat naik bus kita bisa menikmati pemandangan indah yang tersaji sepanjang perjalanan, juga melihat aneka objek wisata dari dekat.

Supaya  perjalanan nyaman naik bus, terdapat tips-tips yang dapat diterapkan.  Seperti yang  dirangkum  oleh detikTravel, Kamis
(15/11/2018), sebagai  berikut  :

1.    Memilih bus sesuai selera

Jika jadwal perjalanan sudah ditetapkan, saatnya mencari tiket bus. Pilihlah bus yang pelayanan maupun interiornya sesuai dengan keinginan traveler, yang dirasa bakalan bikin betah selama perjalanan. Dan tentunya juga disesuaikan dengan budget yang tersedia.

Misalnya saja soal bus AC maupun tidak AC. Selera kita tentu berbeda-beda, ada yang suka naik bus AC agar tidak kegerahan, tapi ada pula yang lebih suka naik bus non AC dan membuka jendela.

Begitu pula dengan susunan tempat duduknya. Terdapat bus dengan susunan kursi 2-2, ada pula yang sisi kanan 3 kursi dan sisi sebelahnya 2 kursi, dan lain sebagainya. Untuk toilet bus pun begitu. Kalau perjalanan panjang sebaiknya pilih bus yang menyediakan toilet.

2. Cari informasi lengkap

Sebelum membeli tiket bus, cari tahu dulu rincian perjalanan. Mulai dari naiknya dari mana, turunnya di mana, hingga selama perjalanan berapa kali bus akan mampir ke pemberhentian seperti  restoran.  Hindari bus yang yang hanya mencari untung dengan mencari penumpang yang sebenarnya tidak akan pergi ketempat tujuan dan nanti kita diopernya ke bus lain.

Tanyakan juga apakah bus bisa berhenti di titik tertentu sebelum sampai di terminal. Tak jarang kita meminta untuk turun di spot tertentu sebelum tiba di terminal terakhir, karena lebih memudahkan untuk dijemput atau pun lebih dekat dengan tujuan utamanya.

3. Memilih tempat duduk


Pemilihan tempat duduk juga penting untuk menunjang kenyamanan. Biar lebih nyenyak dan enak tidur, kursi di dekat jendela bisa jadi andalan. Kursi di pojok dekat jendela ini umumnya memberi ruang yang lebih leluasa buat tidur. Kita pun bisa menyandarkan ke kepala ke jendela. Namun memang agak ribet jika ingin keluar ke toilet misalnya, karena harus melewati penumpang di kursi sebelah. Karena sayaingin leluasa berjalan-jalan dalam bus, ngobrol dengan penumpang lain, mak saya biasanya tidak memilih tempat duduk dekat jendela.

Selain itu, jika masih banyak kursi kosong, pilihlah tempat duduk yang agak jauh dari pintu bus dan toilet agar bisa lebih tenang karena terhindar dari banyaknya orang ke luar masuk. Banyak pula yang menyarankan untuk tidak duduk di kursi yang posisinya tepat di atas roda karena kurang nyaman.

4. Bawa bantal leher

Biar tidur lebih nyaman, siapkan bantal leher. Ini juga untuk persiapan kalau kita naik bus yang tidak menyediakan bantal. Bawa pula kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar matahari.

5. Letakkan tas besar atau koper di bagasi


Bus antar kota maupun antar provinsi biasanya punya bagasi khusus buat tas penumpang. Buat yang bawa koper atau tas berukuran besar, taruh saja di bagasi bus karena biasanya bagai kabin bus tidak terlalu besar. Cukup tas kecil saja yang dibawa masuk ke dalam bus dan diletakkan di area bagasi di sisi atas kabin.

Tas atau barang bawaan lainnya juga bisa diletakkan di bawah kursi, sekaligus untuk sandaran kaki jika naik bus yang tidak menyediakannya.

6. Persiapkan gadget

Nah, kalau rasa kantuk tak kunjung tiba dan masih ingin menikmati pemandangan indah yang tersaji di perjalanan, asyiknya sambil mendengarkan musik. Bawalah pemutar musik, atau kalau ingin mendengarkan musik dari ponsel saja, jangan lupa download dulu aplikasi streaming musik dan sedia powerbank. Jaga-jaga kalau baterai cepat habis.

Selain itu, buat mengisi waktu kita juga bisa main game, membaca e-book maupun update status dan foto di media sosial. Kini juga sudah banyak bus yang menyediakan fasilitas WiFi.



Demikanlah beberap tip agar nyaman  bepergian dengan bus untuk perjalanan panjang, semoga bermanfaat bagi pecinta traveling. Selamat mencoba, happy traveling
 
Note : 
1. Sumber tulisan https://travel.detik.com/travel-tips/d-4303648/naik-bus-nyaman-saat-traveling-baca-dulu-6-tips-ini
2. Beberapa gambar diambil dari google


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat