TAMAN BUNGA PUNCAK TONANG LUBUK SIKAPING PASAMAN


Taman Bunga Puncak Tonang terletak di daerah perbukitan. Puncak Tonang adalah perbukitan yang paling tinggi. Jalan aspal masih berlanjut, namun selepas puncak Tonang jalanan mulai menurun. Dan kalau kita melihat sepintas dari kejauhan kita melihat seolah-olah Puncak yang terletak di nagari Sundara Kecamatan Lubuk Sikaping itu bagaikan perbukitan yang dibalut oleh karpet yang bewarna-warni. Sungguh indah. Tidak sia-sia jauh-jauh saya dari Pekanbaru datang kemari.

 Perbukitan yang merupakan lokasi Taman bunga Puncak Tonang itu dulunya hanyalah  tanah kosong yang berupa hutan belantara. Oleh masyarakat sekitar yang kreatif, mulai tahun 2004 secara beransur-ansur muai ditanami dengan berbagai macam bunga. Cukup lama usaha masyarakat ini baru membuahkan hasil, yaitu baru tahun 2017 mulai popular dan  ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah.

Karena kedatangan saya tidak pada hari libur, dan pengunjung sepi, maka petugas yang ada di sana  mengatakan bahwa saya tidak perlu membayar untuk masuk arena taman. Tapi kalau pada hari libur pengunjung dikenakan biaya masuk Rp 10 ribu. Di sana pengunjung bebas untuk beraktifitas apa saja asal jangan merusak taman.

Menurut anak muda yag berjaga disana, luas area taman itu sekitar 20 hektar. Hampir keseluruhannya adalah tanah perbukitan yang boleh tidak ada yang datarnya. Sehingga untuk menjelajahinya bersiap-siap juga untuk ngos-ngosan. Namun kalau lelah jangan khawatir, di berbagai tempat disediakan bangku-bangku dan pondok-pondok tempat berleha-leha sambil menikmati sejuknya semilir angin. Begitu juga bagi yang memerlukan makanan disediakan juga berbagai panganan khas Sumtra Barat.

Bagi yang suka foto-foto, puncak Tonang adalah tempatnya. Keindahan berbagai jenis bunga dengan beraneka ragam warna ini adalah objek photorapy yang mantap. Lebih lagi susunannya yang ditata sedemikian rupa sehingga kelihatan harmonis sekali perpaduannya antara kelompok-kelompok bunga. Saya tidak tahu dimana mereka ini dapat bibit-bibit bunga yang banyak diantaranya belum pernah saya lihat.

Anjungan-anjungan tempat berselfie ria juga disediakan. Dengan demikian pengunjung bisa menikmati pemandangan alam tidak hanya apa yang ada di area taman, tapi juga bisa menikmati pemandangan alam sekitarnya. Lembah-lembah yang menghijau dan perbukitan yang terhampar luas juga merupakan pemandangan yang indah dan menyegarkan pikitan serta menjadi objek untuk jepretan  kamera.

Tidak berlebihan rasanya kalau ada yang yang mengatakan bahwa Puncak Tonang adalah Land mark kota Lubuk Sikaping. Kamu belum bisa dikatakan mengunjugi Lubuk Sikaping kalau tidak singgah di Puncak Tonang, puncak yang membuat perasaan dan pikiran kita tonang (Tenang)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat