MENUJU TAMAN BUNGA PUNCAK TONANG LUBUK SIKAPING PASAMAN


Setelah berbaring-baring beberapa saat pada salah satu kamar di Penginapan Paiman Saiyo saya pun bersiap-siap untuk mengeksplorasi tempat-tempat tamasya di Lubuk Sikaping. Dari keterangan petugas penginapan, moda trasportasi yang selama ini saya andalkan sebagai Backpacker “ Go Jek” rupanya tidak ada di ibukota kabupaten Pasaman ini. Angkatan umum sejenis oplet ada, tapi tidak ada yang mengarah ke salah satu tempat wisata.

 Jadi gimana ? Sudahlah survey lingkungan saja dahulu. Beberapa menit saya akan jalan kaki saja dahulu sambil melihat-lihat keadaan. Saya susuri jalan Diponegoro disamping penginapan menuju utara. Namun beberapa saat saya berjalan, saya hanya menemui jalan yang sunyi tanpa ada lalu lalang layaknya jalan raya. Belum pernah saya temukan jalanan di ibukota kabupaten sesunyi ini.

Kemudian saya putuskan untuk balik kanan, kembali menuju penginapan. Saya ambil jalan di depan penginapan. Rupanya di sana ada rumah sakit. Di persimpangan ada halte dan itu rupanya pangkalan ojek. Jalan di sampingnya rupanya jalan utama, jalan Sudirman dua jalur. Di seberangnya kantor Bupati Pasaman Berdiri megah dengan pekarangannya yang luas.

Sejenak saya bincang-bincang dengan tiga orang tukang ojek yang ada di Pangkalan itu. Ketika saya utarakan niat saya ke taman bunga Puncak Tonang, mereka mengatakan tempatnya sangat jauh dan pendakiannya sangat terjal. Ya, begitulah tukang ojek menaikkan posisi tawar menawarnya, dengan alasan sulitnya daerah yang dituju.

Setelah tawar menawar, akhirnya diputuskan  biayanya Rp 50 ribu rupiah. Maka mulai perjalanan menuju objek wisata pertama di Kabupaten Pasaman. Memang cukup jauh dari Lubuk Sikaping, namun pemandangan yang kita lalui untuk sampai ke sana sungguh menyenangkan. Kita melalui bentangan persawahan yang indah, beberapa perkampungan penduduk, kemudian mulai menanjak mengelilingi perbukitan. Diselingi oleh perkebunan penduduk. Jalannya mulus, nampaknya baru saja diaspal. Setelah menempuh perjalanan sekitar satu jam, akhirnya kita melihat sebuah bukit seperti dibaut oleh beraneka warna bunga sungguh indah. Inilah Kebun Bunga Puncak Tonang.

Jalan aspal masih berlanjut. Katanya beberapa kilometer jauh ke atas sana ada perkebungan strowbery. Namun karena tujuan saya adalah Kebun bunga Puncak Tonang ini maka saya berhenti di sini. Karena ketika itu bukan hari libur maka tempat wisata utama Lubuk Sikaping  ini kelihatan sunyi, tidak ada pengunjung lain.

Selanjutnya : https://travelingbersama.blogspot.com/2019/05/taman-bunga-puncak-tonang-lubuk.html

Komentar

Montheza Rizki mengatakan…
PEnginapan itu punya keluarga besar saya pak. Terimakasih telah menginap
Arya mengatakan…
Aslkm, mas, boleh minta tolong?..
Kalo dari pasar lubuk sikaping, kemana kita arahnya kalo menuju puncak monang?
Makasih ya...

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat