DANAU RUSO OBJEK WISATA YANG SEDANG BERKEMBANG DI 13 KOTO KAMPAR RIAU



Bermula dari postingan seorang teman di FB dengan latar belakang pemandangan yang indah, maka saya menanyakan di mana lokasi dia berfoto. Kemudian teman tersebut menyebutkan tempatnya di danau “Ruso” di Kabuapaten Kampar. Selama ini saya tidak pernah mendengar tentang danau ini, maka saya penasaran untuk mengunjunginya.

Suka traveling tapi uang terbatas. Ini solusinya, dapatkan Income Rp.800 Juta,- Dari Bisnis Iklan dengan modal hanya Rp 25 ribu
Silahkan klik :
https://muslimpromo.com/?ref=8076




“Ruso” berasal dari kata Rusa. Saya yakin yang membikin nama ini ragu, apakah memakai kosakata asli Kampar atau tidak. Sebab kalau kosakata asli Kampar semua huruf “R” hilang. Jadi kalau Rusa menjadi “Uso”. Mungkin dikahawatirkan kalau danau Uso orang tidak bisa menangkap maksudnya, maka jadilah Ruso.

Kebetulan Februari 2018 ini tanggal 16 libur. Tanggal 16 itu hari Jumat, karena SMA ada yang fullday. Maka libur menajdi tiga hari, jumat sabtu minggu. Dan kewajiban mengunjungi anak di asrama pada hari sabtu ataupun minggu bisa diganti dengan berlibur.  Maka sesuai dengan yang direncanakan hari Sabtu tanggal 17 Pebruari bisa digunakan mengunjungi Danau Ruso yang lokasinya di Kecamatan 13 Koto Kampar Riau.  

Untuk mencapai danau ini  mudah sekali, ikuti saja jalan lintas ke Sumatra Barat. Setelah sampai di jembatan PLTA, terus sekitar 500 meter. Nanti sebelah kanan ada rumah makan “Danau Ruso” belok ke sana dan ikuti jalan aspal di depan rumah makan itu. Jangan gunakan google map, sebab google map akan mengarahkan kita ke desa Batu Bersurat.


Jalan menuju danau dari Rumah makan ini   baru diaspalt, sehingga  nampak mulus  dan  tidak ada lobang-lobangnya. Jalannya cukup menyenangkan, mendaki dengan beberapa tikungan kemnudian menurun. Sekitar 2 km kita sampai ke danau. Maka terbentanglah pemandangan danau Ruso yang sangat indah.

Dikatakan Danau Ruso, karena katanya hutan-hutan di sekitar danau ini banyak rusanya. Dan danau ini adalah tempat favorite bagi pemburu Rusa. Dan biasanya rusa-rusa itu secara berombongan minum air di air danau yang jerih dan bersih..

Air danau ruso ini bewarna kehijau-hijauan mirip air laut dan sangat jernih. Airnya yang tenang sangat cocok sebetulnya untuk berenang. Tidak jauh di seberang danau hutan-hutan yang tidak terlalu lebat dengan bukit-bukit kecil kehiajauan terlihat seperti lukisan alam yang indah. Semenanjung kecil  yang menjorok ke dalam danau dengan sebatang kayu yang berada di tengah danau menambah indah pemandangan. Bagi penggemar fotografi, rugi besar kalau tidak pernah datang ke danau ini.


Di sebelah kanan dengan dipisahkan sungai kecil dan semak-semak Nampak indah pohon-pohon rindang yang tertata rapi yang sangat pas sekali untuk duduk-duduk bersama keluarga pada hari libur. Sayang untuk kesana tidak ada jalannya. Kata beberapa orang yang kami jumpai, untuk kesana kita harusmelalui desa Batu Bersurat. Berarti google map mengidentifikasikannya sebagai  Danau Ruso.. Nama tempatnya Quary


Di lokasi danau ini sudah ada musalla dan toilet. Kemudian sebuah bangunan yang nampaknya berfungsi sebagai gudang. Dari jendela kacanya bisa dilihat banyak Kano-kano kecil dan beberapa sampan. Memang melihat kondisi  air danau cocok sekeli untuk berkano dan bersampan ria. Sayang,  dari bangunan ini sampai ke danau adalah daerah terbuka tidak ada pohon-pohonnya sehingga udara panas  lansung menerpa kita.


Dari penampilan fisik fasilitas yang ada di pinggir danau ini, kelihatan  pemerintah daerah sedang mengembangkan Danau Ruso ini menjadi tempat wisata. Di depan bangunan yang berfungsi sebagai gudang itu terdapat onggokan balok-balok fiber yang biasa digunakan sebagai dermaga apung. Meskipun fasiltas-fasiltas di sini pada kekurangan namun bukti fisik sedang dikembangkan terlihat jelas. Mungkin sekian tahun lagi Danau Ruso ini akan menjadi tempat wisata favorite di Riau, mudah-mudahan.

Catatan: Gambar rusa diambil dari google.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat