Jangan Lakukan 10 Hal Ini Saat Liburan di Pantai


Pantai merupakan objek wisata pilihan disamping pilihan lain seperti pergunungan, air terjun dan lain lainnya.Namun untuk menjaga kenyamanan liburan selalma di pantai ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Jangan Membuang Sampah Sembarangan


Larangan ini bukan hanya berlaku di pantai saja. Namun berlaku di semua tampat wisata. Salah satu alasan mengapa sampah sangat berbahaya jika di buang di sekitar pantai, limbah tak terurai kerap membahayakan satwa liar seperti kura-kura bahkan ikan.

Sampah plastik kerap ditemukan di tubuh satwa liar sehingga benar-benar mengancam lingkungan. Jadi, kamu juga punya tanggung jawab untuk melindungi satwa liar di pantai dan lautan.

2. Gunakan Handuk



Tak ada yang melarang untuk mengenakan pakaian renang di pantai. Hanya saja dalam adat orang Timur tidak layak jika ada perempuan menggunakan pakaian renang berjalan menuju pantai.

Sebaiknya gunakan handuk terlebih dahulu saat dalam perjalanan menuju pantai. Tidak semua tempat di Indonesia terbiasa melihat perempuan berbikini di jalan umum.

3. Jangan Menyetel Musik Terlalu Keras



Pantai memang tempat umum, namun bukan berarti kamu tidak punya batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar. Demi menghargai hak orang lain, jangan pernah menyetel musik dengan suara yang memekikkan telinga. Lagipula tidak semua orang suka dengan lagu yang sama.

4. Pahami dan Hormati Kearifan Lokal di Sekitar Pantai



Saat berada di Bali yang memang sudah banyak pantai dipenuhi dengan wisatawan asing, mungkin mengenakan bikini sambil berbelanja di warung-warung tanpa mengenakan handuk atau selendang adalah hal yang lumrah.

Tapi, jangan samakan antara Bali dan Lombok. Meskipun punya keindahan pantai yang hampir serupa, budaya di Lombok jelas berbeda. Apalagi mayoritas warga merupakan pemeluk Agama Islam yang notabene melarang mengumbar aurat.

5. Jangan Tinggalkan Barang Terlalu Lama



Tak semua orang bisa kamu percaya saat berada di tempat umum. Kamu harus tetap waspada dengan barang-barang berharga saat berjemur atau bermain di pantai. Gunakan fasilitas loker atau jasa penitipan jika kamu harus meninggalkan pantai untuk beberapa saat.

6. Jangan Memotret Orang



Pantai memang tempat umum. Namun bukan berarti kamu bebas motret orang lain saat berada di pantai. Setiap orang juga memiliki hak untuk melindungi privasinya. Jangan pernah memotret orang di Pantai saat ia tak mengetahuinya. Kamu bisa meminta izin terlebih dahulu, terlebih jika kamu berencana menunggah foto tersebut untuk dijual kembali di situs jual beli foto.

7. Jangan Membersihkan Pasir Dihadapan Orang

Pasir pantai memang memiliki butiran yang halus. Untuk itu, hindari membersihkan handuk atau alas duduk di hadapan orang lain agar pasir-pasirnya tidak terlempar pada orang lain.

8. Jangan Berbuat Asusila



Perbuatan terlarang tak semestinya dilakuakan apalagi di tempat terbuka. Jangan pernah mengumbar kemesraan di depan umum meskipun kamu sudah menikah.

Etika dan Norma di Indonesia sangat ketat. Menunjukka kemesraan berlebihan di pantai merupakan hal yang tabu bagi warga Indonesia, apapun latar belakangnya.

9. Jaga Jarak antara Orang Lain



Wilayah pantai saat liburan memang penuh dan berdesakan. Jaga batas-batas yang sudah ditentukan orang lain entah itu dengan menggunakan tikar atau sandal.

Pahami pula wilayah-wilayah yang sudah ditentukan tak boleh dimasuki secara bebas. Beberapa wilayah pantai ironisnya memang sudah dimiliki oleh beberapa resort dan hotel. Sayangnya praktik ini justru merampas hak warga setempat menikmati alamnya sendiri.

Namun, agar kamu tidak dituduh memasuki wilayah pribadi, sebaiknya pahami batas-batas tertentu yang memang tidak diizinkan untuk melintasinya.

10. Jaga Mata



Siapa yang suka dengan aksi pria mata keranjang? Jangan sembarangan mencuri-curi pandang untuk melihat hal-hal yang menggoda mata. Pahami bahwa memandang orang lain bisa jadi perkara yang berujung pada penjara.

Catatan :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat