Ini Dia Trik Menikmati Liburan yang Berkualitas



Tujuan utama liburan adalah untuk bersenang-senang, mengendorkan saraf setelah bekerja sepanjang hari selama bermingu-minggu, bahkan selama sekian bulan. Liburan juga salah satu sarana untuk mengeratkan hubungan antara anggota keluarga. Nah, agar pengalaman liburan sesuai dengan yang kita inginkan, silakan baca artikel dari Republika. co. id ini


Liburan bisa menyebabkan stres dan rasa letih yang lebih dari saat bekerja. Laman prevention, membagi cara agar liburan Anda berkualitas dan Anda pun kembali dengan perasaan senang.

Saat menentukan daerah liburan, pilih tempat yang ada pantainya. Menurut studi dari European Center for Environment and Human Health, mereka yang berlibur di daerah pinggiran air lebih menikmati liburannya. Sekaligus merasa tenang dan segar kembali dibanding mereka yang berlibur di perkotaan atau alam liar.



Lupakan pula telepon genggam atau gadget. Untuk benar-benar menikmati liburan, Anda harus benar-benar berada di sana. Matthew Edlund, MD, pengarang buku 'The Power of Rest' mengatakan itu artinya Anda harus meletakkan telepon, tablet, dan komputer jinjing jauh-jauh.

Anda butuh, katanya, merasakan liburan dengan tubuh dan jiwa agar manfaat liburan bisa diresapi. Blackberry yang terus menerus berbunyi tidak akan membantu Anda merasakan liburan. ''Jika Anda berlibur dengan penuh gangguan, itu tidak akan sebanding,'' kata Edlund.



Saat liburan, ternyata penting bagi Anda untuk melangkah keluar dari zona nyaman. Berleha-leha di pantai dengan minuman dingin mungkin dipandang ideal untuk menghabiskan liburan. Tapi Edlund justru tidak menyarankan Anda menghabiskan seluruh liburan seperti itu.

Tubuh dan jiwa Anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat dengan aktivitas yang tidak biasa. Coba rencanakan aktivitas yang beragam dan berbeda, misalnya belajar berselancar atau mencari tempat makan lokal yang makanannya belum pernah Anda coba.



Agar tetap sehat selama liburan, Anda disarankan untuk tidak membicarakannya. Memang sangat menggoda untuk mengunggah setiap gambar dan kegiatan ke Facebook atau menceritakannya ke teman-teman terdekat. Melakukan itu justru membuat pengalaman liburan Anda kurang mengesankan.

Terakhir, liburan akan mengesankan jika Anda merencanakannya jauh-jauh hari. Hari-hari menuju liburan bisa menjadi bagian paling berharga dari liburan. Studi yang dilakukan di Belanda menemukan, mereka yang punya rencana pergi menikmati rasa senang yang besar bahkan hingga delapan minggu sebelum berangkat.



Kegembiraan yang sama tapi tidak dirasakan mereka yang baru pulang liburan. Jadi, tidak salah bukan untuk segera merencanakan liburan berikut sepulangnya dari liburan.

Catatan:
Teks dikutip lansung dari http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/tips/14/09/19/nc4m8p-ini-dia-trik-menikmati-liburan-yang-berkualitashttp://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/tips/14/09/19/nc4m8p-ini-dia-trik-menikmati-liburan-yang-berkualitas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat