MENGEKSPLOITASI KEINDAHAN JALUR MELINGKAR SOLOK ALAHAN PANJANG – ALAHAN PANJANG SOLOK

(ONE YEAR TRAVELING PADA AKHIR TAHUN PART 12)
 
Tujuan utama dari one year traveling ini adalah untukmenikmati keindahan alam tanah air kita ini. Oleh karenanya perjalanan hanya pada siang hari. Dengan demikian keindahan panorama yang bisa dinikmati secara maksimal. Maka dari puncak cemara perjalanan dilanjutkan lagi ke jalan lintas Solok. Dari simpang ke Solok berjarak 31 km. Karena jalannya mulus bisa ditempuh dalam waktu singkat.


Sesampai di Solok, sebelum terminal belok kiri ada jalan alternative ke Alahan Panjang. Kami lewati jalan itu. Melewati rumah sakit, rumah-rumah penduduk. Jalannya tidak begitu lebar, hanya pas untuk dua mobil berpapasan. Namun jalannya bagus. Tak lama kemudian, kita mulia menikamati pemandangan:
Sawah yang membentang dikanan kiri jalan






Jalan mulai menanjak dan menyusuri bentangan bukit barisan


Jalan makin lama makin menanjak kemudian melewati perkebunan rakyat. Perkebunan di lereng-lereng gunung ini terdiri dari bawang, kol dan ada juga strobery.


Habis jalan berkelok kelok mulai meurun dan keluar pas di pasar traditional Alahan Panjang.
Keluar di sana lansung berhadapan dengan danau Kembar Danau diatas danau dibawah yang terkenal itu






Lepas dari Danau diatas danau dibawah kita kembali ke Solok melalau jalan lain, yaitu jalan lintas Muara labuh, lubuh selasih. Sejenak perjalanan menyusuri pinggiran danau yang indah





















Dengan santai kami terus mengikuti jalan yang beraspal cukup mulus. Tidak berapa lama kemudian sampailah kami areal kebun teh seluas-luas mata memandang seperti pemandangan puncak pas selepas Bogor di Jawa Barat sana












Puas bermain-main di kebun the, perjalanan dilanjutkan menuju solok, tak berapa lama sampai di Lubuk Selasih, lurus ke Solok belok  kanan ke Padang. Kami melanjutkan kan ke Solok jalan yang terus menurun melewati kecamatan Gunung Talang dan mencoba menemukan desa Bukit Sileh desa tempat memulai pendakian ke  Gunung Talang. Hari semakin sore kami sudah memasuki kota Solok.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat