GEDUNG PUSAT KEBUDAYAAN SAWAHLUNTO BEKAS TEMPAT NONI-NONI BELANDA BERDANSA-DANSI

(ONE YEAR TRAVELING PADA AKHIR TAHUN PART 9) 

Anda bisa dapat  Rp.800 Juta,-  dengan modal hanya Rp 25 ribu rupiah dari Bisnis Iklan     Silahkanklikhttp://www.muslimpromo.com/?ref=8100https
Dari museum kereta api kami putar haluan lagi turun kebawah ke ceruk  kota mungkin yang paling rendah dari kota Sawahlunto yang berbentuk kuali itu. Dalam kepadatan bangunan kami menemui hotel, Hotel Ombilin” Katanya hotel ini juga peninggalan Belanda. Dihotel ini lah kami meninginap. Di sebrang hotel ada sebuah gedung. Pada malam harinya orang banyak berjualan makanan-makanan di pekarangan gedung itu. Sedangkan di depan gedung ada taman yaitu taman segitiga karena memang bentuk tanahnya segitiga.
Pagi hari, saya berjalan-jalan mengitari gedung itu rupanya GEDUNG PUSAT KEBUDAYAAN SAWAHLUNTO. Sebuah gedung tua. Katanya gedung ini dibangun oleh Belanda tahun 1910. Luasnya 870 meter persegi.
Dahulunya gedung ini berfungsi sebagai gedung pertemuan. Di mana para pejabat pemerintah kolonial dan pertambangan berkumpul untuk menghibur diri. Selain itu, gedung ini juga disebut dengan Gedung Bola, oleh karena pada salah satu sisi bangunannya dijadikan sebagai tempat bermain olahraga boling dan biliar bagi para pejabat Belanda di Sawahlunto pada saat itu. Bisa dibilang bahwa gedung ini adalah tempat tuan-tuan Belanda bersennang- senang, sementara anak bangsa kita bekerja membanting tulang malah sambil dirantai di dalam lobang tambang yang pengap.

Masih merasa penghasilankurang?Jangan hanyamengeluh. Mari bergabung untuk mendapatkan Income Rp.800 Juta,- Dari BisnisIklan
Silahkan klik :
https://muslimpromo.com/?ref=8076
 

ketikaIndonesia merdeka dan penjajah berhasildiusir, gedung ini dijadikan sebagai Gedung Pertemuan Masyarakat. Kemudian pada waktu Ulang tahun Kota Sawahlunto ke 118gedung ini diresmikan  sebagai Gedung pusat kebudayaan Kota Sawahlunto dan diresmikan oleh menteri kebudayaan dan Pariwisata RI saat itu Bapak Jero Wacik yang didampingi oleh wali kota Ir. H. Amran Nu.
Bagi mereka yang suka arsitektur bangunan tua dan wisata sejarah, Gedung yang terletak di jalan Ahmad Yani. 4  ini mungkin bisa merupakan salah satu pilihan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat