KUANTAN SINGINGI SEBAGAI OBJEK WISATA (ONE YEAR TRAVELING PADA AKHIR TAHUN PART 2)


Sekitar pukul 10 kami sudah sampai ke Gerbang  Kota Taluk Kuantan. Namun untuk sampai ke pusat kotanya masih beberapa kilo meter lagi dengan melewati jalan-jalan berbukit sehingga kita bisa melihat beberapa pemandangan yang indah dari kejauhan Nampak kantor polisi dan pusat pemerintahan kabupaten Kuansing. Saya segera mengarah mobil ke pusat kota Taman Pacu Jalur dipinggir Sungai tempat acara puncak  pacu jalur yang diadakan rutin sekali setahun.

Daerah Kuantan Singingi memilik banyak event budaya dan destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Diantaranya:
1.     Pacu Jalur
Pacu jalur merupakan  sebuah event budaya yang berbentuk pacu sampan. Namun jangan dibayangkan sampannya sampan biasa. Sampan yang di gunakan adalah sampan raksasa yang panjannya antara 25 sampai 45 meter, sedangkan lebar bagian tengahnya antara 1,3 s/d 1,5 meter.
Pacu jalur dimulai dari tingkat kecamatan sampai nanti pada puncaknya pertarungan antara juara-juara di kecamatan yang diadakan di taman pacu jalur  persis di pusat kota pada setiap tahun 19 s/d 23 Agustus.
Pada saat puncak pacu jalur ini puluhan ribu orang dari berbagai daerah datang ke Kota Taluk Kuantan. Maka jangan harap kalau datang kesana pada Hari pertandingannya, kita tidak akan kebagian hotel ataupun penginapan. Syukur kalau ada teman yang bisa kita numpang nginap dirumahnya.
2.     Air terjun 7 tingkat Kasang

Air terjun ini merupakan objek wisata unggulan di kabupaten kuansing. Ada juga yang menyebutnya  air terjun gurug gemurai, lokasi wisata air terjun ini terletak di desa kasang kecamatan kuantan mudik.
Jarak tempuh dari kota teluk kuantan hanya sekitar 30 menit menggunakan sepeda motor atau mobil, kini infrastruktur menuju objek wisata air terjun tujuh tingkat sudah mulai membaik, dengan jalan  menuju ke lokasi sudah di aspal.
Objek wisata ini  ramai dikunjungi pada hari hari besar seperti hari raya, hari libur, dan juga pada hari mandi petang belimau yang tiap tahun diadakan di lokasi ini.
Disamping itu masih ada beberapa air tenjun lagi yaitu, Air terjun Sungai Dangku, Air terjun Batang Koban dan air terjun Sungai Dompak. Dengan kata Lain Kabupaten Kuantan Singingi kaya dengan air terjun.

3.     Sumber air panas Hulu Kuantan

Kuantan Singingi juga memiliki objek wisata berupa sumber air panas, yaitu air panas Hulu Kuantan. Air panas ini mengandung belerang dan berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan beberapa penyakit lainnya. Sehingga banyak mereka yang kena penyakit kulit berdatangan kesana.
Jarak air terjun ini dari kota Taluk Kuantan ssekitar 30 kilo meter. Sayang untuk mencapai lokasi memerlukan perjuangan yang cukup berat karena melalui jalan darat dan sungai yang mengharuskan pengunjung untuk menyewa pompong. Namun bagi pecinta alam penempuh hutan rimba atau bagi yang meyukai petualangan ini merupakan tantangan yang menarik.
4.     Danau Mesjid Koto Kari

Seandainya Danau yang satu ini dikelola dengan baik, maka Danau ini sangat potensial untuk menjadi objek wisata yang mumpuni. Dulunya banyak penduduk yang datang untuk bertamasya dan menjadikan  danau ini tempat bermain.
Untuk mencapai lokasi danau ini sangat mudah karena hanya beberapa menit dari kota Taluk Kuantan yaitu Koto Kari. Penduduk setempat memanfaatkan danau ini untuk beternak ikan. Namun banyaknya enceng gondok di dalam danau sangat mengganggu pemandangan.

5.     Hutan Margasatwa
Hutan ini mungkin merupakan satu-satunya di Sumatra yang diperuntukkan untuk melindungi Harimau Sumatra. Hutan ini berlokasi pada 2 kabupaten yaitu Kuantan Singingi dan Kampar. Untuk sampai ke lokasi perlindungan Harimau ini kita harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari pecan baru ke desa Petai dan kemudian menyusuri gugusan  bukit barisan dan juga melewati sungai. Dan ini sangat cocok untuk pecinta alam penempuh hutan rimba dan petualangan.
6.     Danau Kebun Kopi

Danau Kebun Nopi berada di kecamatan kuantan mudik, lubuk jambi, jarak tempuh dari kota teluk kuantan tidak terlalu jauh, hanya 30 menit dari kota teluk kuantan.
Jika dari pekanbaru bisa memakan waktu sampai 4 jam, sebab jarak tempuh dari kota pekanbaru ke teluk kuantan sekitar 3-4 jam menggunakan mobil, kita anggap dari pekanbaru memakan waktu 3.5 jam untuk sampai ke teluk kuantan, sedangkan ke danau kebun nopi 30 menit, jadi jarak tempuh dari kota pekanbaru lebih kurang 4 jam.
Pada hari hari besar seperti hari raya, tahun baru, Danau kebun nopi selalu ramai oleh pengunjung yang hanya sekedar menikmati pemandangan danau dan juga bermain di pinggiran danau, meski saat ini sebagai objek wisata unggulan, danau kebun nopi masih belum bisa memberikan kontribusi bagi daerah.
Demikian lah sekilas tentang Kota Taluk Kuantan ibu kota Kabupaten Kuantan Singingi dengan  potensi yang ada pada kabupaten ini. Sebelum melanjutkan ke Kalirin Jao, kami berputar dulu di jalan sepanjang sungai, memutari pusat kota kemudian bearu melaju ke arah Kalirin Jao.
Naskah dan foto dilengkapi dari : zaskia nauli aristi di 04.21
https://www.thearoengbinangproject.com/tempat-wisata-di-kuantan-singingi/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat