TUGU TITIK NOL BANDUNG


Ingin tahu dari mana Kota Bandung dimulai? Itulah yang ditandai sekarang  dengan tugu Titik Nol. Letaknya sekitar satu kilometer dari gedung merdeka, masih di jalan Asia Afrika. Dengan berjalan kaki sekitar sepuluh menit sampailah kita kesana, tugu yang berbentuk lokomotif kereta api.

Konon di sinilah titik awal mula Kota Bandung dibangun. Posisinya tepat berseberangan dengan Hotel Savoy Homan. Hotel bersejarah, tempat para delegasi Konfrensi Asia Afrika menginap. Tempat ini dijadikan titik nol karena pada saat Gubernur Jenderal Belanda, Mr. Herman Willem Daendels menyuruh membangun membangun kota, Daendels menancapkan tongkat. Tanah tempat menancapkan tongkat itulah yang sekarang menjadi titik nol Kota Bandung. Di belakang tugu, ada monumen kepala lokomotif yang dibuat tahun 1900. Hingga sekarang masih terlihat kokoh dan menjadi salah satu heritage Kota Bandung. Dalam tugu tertulis tanda CLN 18 dan PDL 18. CNL 18 menunjukan daerah timur Kota Bandung yang terdekat dengan tugu adalah daerah Cileunyi dengan jarak 18 Km. PDL 18 menunjukan daerah barat Kota bandung yang terdekat dengan tugu adalah Padalarang dengan jarak 18 Km.  
Dilengkapi dari : http://www.kompasiana.com/ali.muakhir/10-wisata-di-bandung-yang-dijangkau-dengan-jalan-kaki_5591f7acaa23bd682aaa2293

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat