MENENGOK GEDUNG MERDEKA BANDUNG

(Tempat pelaksanaan konfrensi Asia Afrika)
Minggu lalu dalam seri one day backpacker traveling di Bandung saya memposting monument solidaritas Asia Afrika yang terletak persis di pertigaan jalan Asia Afrika di depan  Alun-alun Bandung.



Berjalan kaki sedikit sekitar seratus meter arah ke titik nol dari monument solidaritas itu, kita akan temui gedung tua yaitu gedung merdeka.  gedung yang menjadi simbol perjuangan bangsa dari dua benua, benua Asia dan Afrika. Di sinilah, tercipta Dasa Sila Bandung yang menjadi pedoman bangsa-bangsa terjajah dalam berjuang memperoleh kemerdekaan.


Dasa Sila  menjadi prinsip dasar dalam usaha memajukan perdamaian dan kerja sama dunia. Di samping Gedung Merdeka ada Museum Konferensi Asia Afrika yang menyimpan seluruh kenangan bersejarah dalam Konferensi Asia Afrika (KAA). Sangat pantas, jika Gedung Merdeka dan Museum KAA wajib dikunjungi untuk mengenang jasa para pahlawan. Diorama Pembacaan Dasa Sila Bandung katanya bisa dilihat di Museum KAA. Sayang ketika saya sampai di sana Museum sedang tutup, sehingga saya tidak bisa masuk kedalam.

Yang menarik, di samping gedung ada halaman luas yang berbatasan dengan sungai. Orang Bandung bilang itu sungai cikapundung. Sungai itu dipagar dengan besi, nah di pagar itu banyak foto-foto zaman dahulu, yang mungkin diambil ketika Konfrensi Asia Afrika Berlansung. Diantaranya foto Bung Karno dengan Presiden AS John F Kenedy sedang naik mobil sejenis Jeep. Menjadi tanda Tanya juga bagi saya, apa Presiden AS yang legendaris itu hadir ketika KAA. Dan yang mencengangkan lagi ada foto Bung Karno dengan tokoh mirip Che Guvara, tokoh pembebas Amerika Selatan yang sangat popular. Setahu saya tokoh ini tidak pernah datang ke Indonesia. Atau mungkin saja Bung Karno mengambil foto itu ketika diluar negeri atau sedang berkunjung ke Negara Amerika latin, entahlah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat