ALUN-ALUN KOTA BANDUNG


Saya termasuk sering ke Bandung, namun saya tidak hapal jalan-jalan kota Bandung. Kebetulan hari Sabtu 13 Mei 2016 saya ada kegiatan di Bandung. Nginap di hotel Pasundan. Saya sampai di hotel jalan Peta dekat persimpangan jalan Kopo pukul 12 Wib. Dan kegiatan baru dimulai malam harinya. Jadi saya punya waktu yang cukup untuk jalan-jalan.

Kemana yang akan saya tuju, akhirnya pilihan jatuh ke Alun-alun. Peta di goole menunjukkan jarak tempuh antara hotel Pasundan dengan Alun-alun hanya 18 menit. Nah dengan mengikuti alur di peta mulailah saya menusuri jalan kopo menuju taman yang merupakan Land Mark kota Bandung itu.

Tidak terbiasa melihat google map, banyak juga rintangannya, namun akhirnya sampai juga di Mesjid Raya Bandung yang letaknya seperti satu paket dengan Alun-alun. Ramai sekali pengunjung di sana. Ada yang duduk-duduk di pelataran masjid, dan banyak lagi yang duduk-duduk di bangku-bangku yang disediakan di berbagai tempat di taman.

Alun-alun kota Bandung menyerupai sebuah lapangan bola dengan bahan rumput sintetis berwarna hijau seluas 1.200 m2 itu, maka kini pun areal tengah alun-alun kota Bandung pun terlihat lebih luas dan bisa difungsikan menjadi tempat refreshing, bermain hingga lesehan ribuan orang yang telah mengunjunginya.
Letak alun-alun kota Bandung yang sangat strategis memang menjadikannya sebagai salah satu lokasi di kota Bandung yang selalu ramai dengan berbagai aktifitas 24 jam.Selain lokasinya berada di pusat tengah kota Bandung,Alun-alun kota Bandung juga dikelilingi oleh pusat bisnis masyarakat Bandung seperti pusat perbelanjaan kota Bandung seperti mall, pusat perbank-an serta pusat wisata kuliner di kota Bandung dan tentunya menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan Masjid Agung Raya Bandung.
Pemahamanan tradisonal masyarakat sejak zaman dulu yang berasumsi bahwa alun-alun adalah sebagai tempat berkumpul ketika mengadakan suatu acara atau kegiatan yang sifatnya temporer,maka dewasa ini telah berubah seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi.Dan termasuk apa yang terjadi dengan Alun-alun kota Bandung juga, yang saat ini telah berubah fungsi menjadi salah satu tempat wisata di kota Bandung yang familiar dan menarik untuk dikunjungi setiap hari, akhir pekan apalagi musim liburan

Kegiatan wisata apa saja yang bisa anda lakukan ketika berkunjung ke Alun-alun di kota Bandung ? Yang jelas,lapangan rumput sintesis hijaunya yang luas telah menjadi daya tarik tersendiri untuk anak-anak hingga orang dewasa untuk bermain-main bola di atasnya, sehingga menjadi salah satutempat wisata anak di kota Bandung yang menarik dan populer karena dilengkapi juga dengan arena bermain seperti ayunan, perosotan hingga jungkitan yang berada di pinggiran taman alun-alun kota Bandung.Belum cukup di sana,Area kawasan wisata alun-alaun kota Bandung pun saat ini telah disulap sedemikian rupa menjadi kawasan hijau dan berwarna-warni karena telah dibangunnya taman bunga yang indah yang terdiri dari banyak warna seperti merah, kuning hijau dan ungu.
Sebagai kawasan asri dan hijau di tengah kota kembang, kehadiran alun-alun kota Bandung memang menjadi magnet tersendiri khususnya warga masyarakat lokal bandung hingga wisatawan luar daerah,menikmati keindahan alun-alun Kota Bandung baik siang apalagi malam hari adalah kegiatan wisata yang mengasyikan.

Persis di sebelah kiri alun-alun kota Bandung, di sana ada halte bus damri atau angkutan yang dulunya kumuh dan tak terawat, kini setelah halte tersebut dirombak dan didesign ulang apalagi setelah dipasang tulisan Alun-Alun Bandung dalam ukuran besar, maka warga masyarakat bandung dan wisatawan bisa bercengkrama duduk-duduk santai di atas tulisan alun-alaun bandung tersebut sambil menikmati keasyikan serta keseruan yang ada di sana.Apalagi di malam hari, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang indah alun-alun kota Bandung yang disinari aneka warna lampu yang menyinari kawasan dan akan memberikan rasa jauh dari kesan angker seperti beberapa tahun yang silam.

Informasi tambahana dari :http://tempatwisatadibandung.info/alun-alun-kota-bandung-wisata-murah-ala-urang-bandung/
Gambar : https://www.google.com/search?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat