MENGATASI SAKIT TELINGA/GANGGUAN PENDENGARAN SETELAH NAIK PESAWAT.

Pernah suatu waktu saya mengalami gangguan pendengaran. Telinga saya seperti tuli. Sungguh menderita, orang berbicara dengan kita namun geak bibirnya saja yang Nampak, apa yang mereka bicarakan sukar ditangkap. Saya mengira ini akibat dari batuk yang saya alami. Ketika saya bawa kerumah sakit dan mengalami berbagai test pendengaran, dokter bertanya seberapa sering saya naik pesawat.

Saya merasa heran saja, apa hubungannya gangguan pendengaran yang saya alami dengan naik pesawat. Memang pekerjaan saya membuat saya kadangkala seering naik pesawat, bisa dua kali atau lebih dalam satu minggu. Menurut dokter itulah penyebab gangguan pendengaran saya.
Nah agar pembaca yang sering traveling tidak mengalami gangguan pendengaran seperti saya, ini beberapa tip saya kutip dari Pegipegi.com
1.       Makan permen
Sebelumnya saya tidak tahu alasan, jika naik pesawat Garuda, sebelum terbang Pramugari membagi-bagi permen kepada penumpang. Rupanya dengan memakan perme saluran tubadi telinga kita tetap terbuka dan tekanan udara di luar dan dalam telinga sama besar. Disamping itu kita juga sebaiknya meningkatkanlah produksi air ludah. Caranya adalah dengan makan atau mengulum permen secara perlahan ketika pesawat hendak take off atau mendarat. Makan permen akan memicu munculnya air ludah dan memaksa kita untuk menelannya, sehingga saluran tuba akan terbuka dan mengurangi sakit telinga saat naik pesawat.
2.      Menguapi telinga
Menurut Dr. Wawan Mulyawan, SpBS, seorang ahli kesehatan dari TNI AU, cara lain untuk membuat saluran tuba tetap terbuka adalah dengan cara menguapi telinga. Menguapi telinga? Gimana caranya?
 Caranya sebelum berangkat/ naik pesawat, siapkan sekotak tisu di dalam tas. Waktu kita sudah duduk  di kursi pesawat, segera minta segelas air panas pada pramugari. Masukkan sebanyak mungkin tisu dalam gelas sampai air terserap oleh tisu seluruhnya dan hanya menyisakan uapnya. Dekatkan gelas dan uap yang mengepul ini di telinga dan biarkan uapnya masuk ke dalam telinga. Dengan cara ini rasa sakit pada telinga akan hilang karena udara/uap air akan membuka sumbatan pada saluran tuba dan melepaskan udara yang terperangkap di dalamnya.
3.       Menguap
Menguap juga ampuh untuk mengatasi sakit telinga saat naik pesawat. Menguap akan membebaskan udara yang terjebak dalam saluran tuba kita, sehingga telinga nggak akan terasa sakit.
4.        Minum air putih
Cara ini bisa kita terapkan bila membawa anak kecil yang ikut naik pesawat. Jika mereka mengeluh pusing atau rewel ketika pesawat sedang take off, segera beri mereka air putih atau susu untuk mengurangi gejala oklusi tuba yang dialaminya.
5.        Menutup hidung
Tidak ada permen, tidada air panas dan kita sedang tidak mengantuk sehingga susah memaksa tubuh untuk menguap. Kalo gitu tutup saja hidung dengan salah satu tangan, tarik nafas perlahan dan hembuskan melalui mulut tertutup agar tekanan udara mendesak saluran tuba untuk tetap terbuka.
Begitulah tip dari pegipegi.com untuk mengatasi gangguan pendengaran karena naik pesawat, dengan  demikain kita menikmati perjalanan kita dengan tenang dan nyaman

Komentar

Unknown mengatakan…
terimakasih infonya sangat membantu, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2CEy6Fs

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat