TANAH LOT MENIKMATI PANORAMA PANTAI DAN PURA


Pulau Bali, memang cocok dikatakan sebagai surga bagi yang menyukai parawisata. Begitu banyak pilihan, baik wisata alam,  seperti gunung dan pantai, alam pedesaannya yang khas dan juga   budayanya yang unik dan spesifik.


Setelah beberapa hari pelatihan di Seminyak dekat pantai Kuta, kami merencanakan untuk mengunjungi tanah Lot. Untuk pergi kesana ada beberapa pilihan, bisa naik taksi atau sewa mobil. Akhirnya kami putuskan untuk sewa. Dengan sewa kita bebas untuk mengatur kemana dan berapa lama kita pergi. Biaya sewa relative murah, seharian hanya Rp 450.000,- sudah termasuk supir dan bensin.


Ternyata tidak sulit mencapai lokasi tanah Lot. Letaknya tidak jauh dari pantai Kuta maupun ibu kota provnsi Bali Denpasar. Sebelum sampai ke lokasi tanah Lot kita juga melewati daerah pesawahan yang nampaknya agak spesifik disbanding pesawahan tempat lain. Mendekati daerah tanah Lot, mulai dari pintu masuk sampai ke kawasan pura, ditemukan berbagai macam barang dagangan yang beraneka ragam. Ada kaus, kalung, patung, makanan  dan sebagainya.
Tanah Lot merupakan objek wisata klasik yang memiliki pesona matahari terbenam yang indah, sekaligus panorama pantai dan pura. Terdapat dua pura yang terletak di atas batu besar. Yang pertama terletak diatas bongkahan batu dan kedua, di atas tebing.  Pura tanah Lot ini merupakan  bagian  dari Pura Dang Kahyangan yaitu penyebar agama hindu yang berasal dari Jawa. Pura ini merupakan tempat pemujaan dewa penjaga laut. 

Saat air laut sedang surut kita dapat berjalan-jalan di atas batu yang ada di pantai dan ini sangat menyenangkan. Dan penduduk setempat menyarankan agar kita tetap pakai sepatu ataupun alas kaki yang nyaman dan tidak licin.

Selain pemandangan indah udara yang kencang menerpa wajah serta angin laut yang sejuk juga menjadikan Tanah Lot begitu menawan. Ini digunakan dengan sangat baik oleh penduduk sekitar. Mereka menjajakan jasa membuat potret langsung jadi. Walau banyak yang bawa kamera, tapi ada juga yang terlupa atau tidak membawanya. Kalau saya sendiri memakai jasa mereka karena mereka dapat menetukan latar yang sangat indah. Karena daerah mereka lebih lagi mereka sudah profeisonal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat