MANGA DEK ”ANJIANG ANGEK”

Orang Indonesia ini getol-sekali menggunakan Bahasa asing, kadangkala dari segi makna bisa berkonotasi negatif. Seperti jenis roti ” Hot Dog” Kalau di Indonesiakan menjadi anjing panas

Tanggal 26 Oktober subuh, ketika di Pekanbaru sedang menjadi-jadinya asap, saya terbang dari Bandara Internasional ”Minangkabau” Padang menuju Jakarta. Sebelum naik pesawat saya sudah berniat untuk tidur dalam pesawat untuk membayar tidur saya yang hilang selama perjalanan dari Pekanbaru ke Padang. Namun sentuh-sentuh layar di bangku depan terputar pula film Cina IP Man. Asyik fillmnya tak jadi saya tidur jadinya.
Tak berapa lama kemudian pramugari membagi-bagi makanan untuk sarapan. Dengan sopan pramugarinya berujar” Maaf Bapak ibu, karena burger sudah habis maka yang ada hanya Hot dog
Sambil asyik memperhatikan layar saya mulai membuka kotak makanan yang berisi roti yang ukurannya sedikit lebih besar dari lengan bayi.  Ditengahnya ada sebuah sosis dilapisi sejenis mayonis dan ada pula selembar daun yang mungkin selada. Ketika saya akan mulai menyantapnya, ibu muda disebelah saya menyapa” Pak”
Saya menoleh, ia sedang menaburkan saus pada roti yang di pegangnya. Saya memandang padanya dengan maksud merespon sapaannya
Diluar dugaan saya ia bertanya ” Manga dek Anjiang angek namo rotiko Pak?” (Kenapa roti iini disebut Anjing panas?”
Saya tercenung, benar juga Hot dog kalau diterjemahkan ke bahasa indonesia jadi Anjing panas. Kalau dialek minang tentu " Anjiang Angek"Tentu saja ini akan menimbulkan persepsi yang beragam, jangan-jangan ada yang menduga ini makanan tidak halal karena terbuat dari daging anjing, padahal hanya roti biasa bercambpur dengan sosis, mayonis selembar daun selada . Kenapa tidak disebut saja roti sosis umpamanya.
Perlu juga dipikirkan makanan-makanan yang berkonotasi negatif seperti itu dicari nama yang khas indonesia. Kosakata Indonesia cukup kaya untuk mencari nama lainnya dengan bahasa Indonesia.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat