BOROBUDUR CANDI 10 TINGKAT YANG MEMUKAU


Jika sudah sampai di Yogyakarta, Candi Borobudur merupakan salah satu pilihan untuk tamasya. Candi terbesar kedua setelah Ankor Wat Kamboja ini memiliki luas bangunan 15.129 meter persegi, tersusun atas 55.000 meter kubik dari 2 juta potongan batu-batuan. Jumlah tingkat candi borobudur ada sepuluh. Tingkat 1 sampai 6  berbentuk bujur sangkar, sedangkan  7 sampai 10 berbentuk bundar. Arca yang terdapat diseluruh bangunan berjumlah 504 buah. Kabarnya dulu tinggi candi dari permukaan tanah 42 m, tapi karena pernah disambar petir tinggi sekarang hanya 34, 5 m.

Dulu pertama kali datang ke candi ini saya begitu terpesona. Waktu itu dari tempat parkir pemandangan candi raksasa itu sudah terhampar  di depan mata. Bentuknya se akan-akan gunung yang dibalut dengan batu. Saya begitu antusias sehingga menyusurinya sampai ke-puncak. Menjadi tanya bagi saya bagaimana menyusun batu sebanyak itu; dari mana batu itu didatangkan; bagaimana mengangkatnya. Saya yakin ketika itu belum ada derek seperti   sekarang.
Dan yang membuat saya penasaran adalah relief-relief pada candi itu diukir dulu baru disusun, atau disusun dulu baru di pahat. Sampai sekarang pertanyaan itu masih berputaran di benak saya, dan belum ada jawabnya.

Candi Borobdur dibuat pada  masa wangsa Syailndra yang menganut agama Budha di bawah kepemimpinan raja Samaratthungga. Menurut sejarah arsitek candi ini bernama Gunadharma. Pembangunan candi selesai tahun 847 M. Candi ini terletak di desa Bumisegoro, dekat magelang, di sebuah bukit antara bukit Dagi dan bukit kecil lainnya.
Kedatangan saya kali ini ke candi Borobudur merupakan kunjungan yang ke-tiga. Karenanya saya tidak begitu antusias lagu untuk menyisir setiap jengkal dari candi itu. Sementara teman-teman naik ke atas, saya memanfaatkan waktu untuk bersantai sambil dipijat oleh-oleh tukang pijat yang menawarkan jasanya dengan membentangkan tikar di lapangan depan candi yang sejuk karena ditumbuhi pohon-pohon yang rindang.

Untuk  mencapai Borobudur dari Yogyakarta. Kita bisa mulai dari terminal Jombor Sleman. Kemudian dari Terminal Jombor, posisi Bus yang menuju Candi Borobudur adanya di sebelah kanan pintu masuk terminal Jombor. Kalau bingung mencarinya lihat pada depan kaca Bus tersebut biasanya bertuliskan Jombor Borobudur dengan warna warna yang mencolok. Untuk Bus rute Jombor Borobudur ini hanya tersedia Bus tiga perempat, seperti Metromini atau Kopaja di Jakarta. Tarif Bus rute Jombor Sleman Yogyakarta menuju Candi Borobudur menurut informasi, untuk turis lokal ditarik ongkos Rp 10.000, dan untuk turis Mancanegara biasanya ditarik ongkos Rp 20.000. Rute Bus tujusan Candi Borobudur ini akan melewati beberapa kota kecil mulai dari Terminal Jombor - Mlati - Muntilan, dan Candi Borobudur
Nunggu apa lagi, kalau Yogyakarta, tidak lengkap kalau tidak berkunjung ke BOROBUDUR



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat