Bersefie Ria di Batu Tompak3 Tarempa Kepulauan Anambas


Tarempa, ibukota Kabupaten Anambas Kepulauan Riau merupakan salah satu kelurahan yang ada di kecamatan Siantan. Letaknya di pantai utara Pulau Siantan. Tarempa identik dengan batu-batu besar yang menonjol dan dominan dipinggir-pingir pantai. Kemana saja kita pergi maka bebatuan yang kadangkala ada yang sebesar rumah itu mendominasi pemandangan, Tidak hanya dipinggiran pantai tapi juga di daerah perbukitan.

Jika kita berkunjung pada awal Anambas berdiri sendiri setelah memisahkan dari dari Kabupaten Natuna, rata-rata pemukiman hanyalah dipinggir dan dibibir pantai saja.  Rumah penduduk bersusun rapat berhimpitan dengan batu-batu besar yang kokoh dan susah  untuk disingkirkan. Sedangkan kantor-kantor pemerintah adalah bangunan-bangunan bertiang diatas permukaan laut. Namun sekarang bangunan perkantoran dan rumah penduduk sudah berada diatas bukit menjauhi pantai.

Bila kita sampai di kota Tarempa, dari pelabuhan tempat kita berlabuh sebuah jembatan panjang dari semen terpampang indah memanjang menghubungkan satu sisi kota Tarempa dengan sisi lainnya. Bila kita menyusuri jembatan yang sudah dianggap jalan umum itu sekitar satu kilometer dari pusat kota kita akan menemukan sesuatu yang unik.

Pada awal tulisan ini sudah dijelaskan bahwa Kota Tarempa identik dengan batu-batu yang besar. Hal unik yang kita temukan dijembatan selayang pandang ini adalah Batu besar yang bersusun tiga. Unik memang, kalau kita lihat sepintas batu itu bersusun seperti ada yang menyusunnya. Namun siapa pula yang sanggup menyusun batu raksasa seperti itu.

Lokasi Batu bersusun tiga ini sekarang merupakan objek wisata yang sangat popular, tidak hanya bagi orang luar kepulauan Riau, tapi juga bagi orang Tarempa sendiri. Sehingga setiap sore Batu Tompak tiga itu kelihatan ramai oleh pengunjung.

Pemerintah daerah sudah mempersiapkan fasilitas untuk pengunjung agar betah bersantai ria di sana. Di depan Batu bersusun itu dibuat jembatan-jembatan kayu yang berlingkar tempat pengunjung berselfie ria. Pengunjung bisa berselfie ria dengan latar belakang batu yang bersusun  tiga itu atau juga dengan latar belakang pemandangan laut yang indah.

Di samping batu tompak itu dibangun tangga menuju ke atas bukit. Dipertengahannya terdapat dinding dari tembok yang bertulisan dengan huruf timbul Batu Tompak 3 dengan  huruf yang beraneka warna. Dan di depannya ada pula teras untuk pengunjung berdiri berselfie ria dengan latar belakang tulisan di batu.

Jika kita terus mendaki tangga tembok itu, kita akan sampai pada sebuah bukit.Dari bukit itu kita bisa memandang laut yang menjadi ciri khas kota Tarempa. Pelabuhan dengan susunan kapal-kapal kecil dan besar yang sedang merapat nampak sangat indah. Begitu juga perumahan penduduk dibibir pantai yang terlihat dari jauh kelihatan mempesona. Agak jauh sedikit pemandangan laut lepas dengan beberapa kapal yang sedang berlayar.


Batu Tompak 3 bukan saja unik namun dari sana kita seperti bisa melihat pemandangan yang merupakan represntasi dari kota Tarempa yang merupakan kota pada sebuah pulau di tengah laut. Maka siapa saja yang ke kota Tarempa, tidak akan sempurna rasanya kalau tidak berselfie ria dibatu yang unik ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjelajahi 5 Danau yang Memikat dan Mempesona di Jawa Barat

Mengunjungi 5 Danau Yang Eksotik di Provinsi Banten

Pada Suatu Sore di Taman Kota Tugu Pejuang Pintu Rimbo Lubuk Sikaping Pasaman Sumatra Barat